TUGAS TATAP MUKA KE-2 DAN KE-3
Pertanyaan
Mayer (2001) mengemukakan tiga asumsi yang diadaptasi dari Teori Kognitif Multimedia Learning (CTML).
- Asumsi pertama adalah bahwa manusia memiliki sistem pengolahan untuk bahan pendengaran dan sistem lain untuk bahan visual. Presentasi multimedia menggunakan kedua sistem, memanfaatkan potensi belajar penuh seseorang. Contohnya pemanfaatan infokus dan speaker untuk menampilkan video pembelajaran terkait akan sangat menunjang asumsi pertama ini.
- Asumsi kedua adalah bahwa saluran ini memiliki kapasitas terbatas. karena keterbatasan ini, keputusan perlu dibuat "tentang potongan informasi apa yang masuk untuk memperhatikan" (Mayer, 2001). Memilih materi yang sesuai dengan tingkatan pembelajar, contohnya pembelajaran di SMA tidak perlu diajarkan terhadap siswa yang baru masuk ke tingkat SMP.
- Asumsi ketiga adalah bahwa belajar aktif melibatkan memilih, mengorganisir, dan mengintegrasikan materi yang relevan dengan pengetahuan yang ada. Suatu materi dipilih untuk suatu tipe kelas tertentu dan pertanyaan yang dilemparkan ke siswa yang cerdas dan biasa saja dibedakan. Begitu juga penjelasan individual yang diberikan.
Pertanyaan
2.) Jelaskan bagaimana teori dual coding dapat diadaptasikan dalam menyiapkan suatu multimedia pembelajaran matematika ?
Jawaban
Teori dual coding menyatakan bahwa informasi bisa diberi kode, disimpan,dan diperoleh kembali dari suatu sistem yang berbeda secara fundamental,
- menyesuaikan dengan informasi verbal
- menyesuaikan dengan image atau informasi visual
Presentasi-presentasi dual mode bisa memperluas kapasitas memori kerja jika satu bagian dari instruksinya (misalnya, penjelasan-penjelasan tekstual) dihadirkan dalam bentuk auditory dan yang lain (misalnya, diagram) dalam bentuk visual, desain pesan seperti ini dapat meningkatkan jumlah informasi yang bisa diproses tanpa muatan kognitif yang berlebih. Pembelajar sebagai penerima informasi mengintegrasikan kata-kata dan gambar secara lebih mudah saat kata-kata dihadirkan secara auditori daripada secara visual karena menggunakan prosesor-prosesor auditori dan visual dalam memori kerja secara efektif menghilangkan muatan kognitif yang berlebihan dari saluran visual.
Assalamualaikum
BalasHapusSaya ingin sedikit menambahkan mengenai dual coding
Teori dual coding mengidentifikasi tiga cara pemrosesan informasi, yaitu:
1. pengaktifan langsung representasi verbal atau piktorial,
2. pengaktifan representasi verbal oleh piktorial atau sebaliknya
3. pengaktifan secara bersama-sama representasi verbal dan piktorial.
Terimakasih
Waalaikum salam, terima kasih atas penambahan bahwa ada 3 cara dalam pengaktifan pemroresan informasi yaitu secara langsung, representasi verbal oleh piktorial atau sebaliknya dan secara bersama-sama.Serta pengaplikasiannya pada multimedia pembelajaran telah saya jelaskan.
Hapus