Senin, 21 Agustus 2017

Materi Tatap Muka ke-2

         
 LANDASAN TEORITIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

         Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan kemauan pebelajar sehingga mendorong terjadinya kegiatan belajar. Multimedia merupakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio dan animasi secara terintegrasi.
         
          Dilihat dari karakteristiknya, multimedia dapat menjadi dua jenis yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif.
a. Multimedia Linear 
    Multimedia linear adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan secara sekuensial (berurutan). Contohnya : TV dan film.
b. Multimedia Interaktif
    Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya.

Kelebihan multimedia dalam pembelajaran, yaitu :
  • Pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
  • Teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung
  • Menambah motivasi pembelajaran selama proses belajar
  • Mampu menvisualisasikan materi yang selama ini sulit
  • Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan
Ada 3 landasan teori pembuat media pembelajaran, yaitu :
1. Pengguna (user)
2. Keterbatasan
3. Alat/perangkat yang sesuai dengan kekurangan (mereduksi)

7 komentar:

  1. Tambahan dari saya mengenai kriteria Multimedia dalam Pembelajaran. Menurut Sigit dkk. (2008), kriteria multimedia adalah sebagai berikut:

    1. Memilki lebih dari satu media yang konvergen, misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
    2. Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
    3. Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah menambahkan mengenai multimedia dalam pembelajaran. Dimana menurut Sigit dkk (2008)ada 3 kriteria multimedia dalam pembelajaran, yaitu memiliki lebih dari satu media yang kovergen, memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna serta memberi kemudahan dan kelengkapan isi.

      Hapus
  2. saya mau bertanya, apakah ada kekurangan dari meltimedia.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya ada kekurangan dari multimedia. Ketika orang atau pengguna menggunakan perangkat komputer sendiri akan merasakan kekurangan dari perangkat itu sendiri, padahal komputer itu sendiri sudah termasuk dalam hal multimedia, karena terdiri dari text, graphic, audio, video dan animasi seperti definisi multimedia sendiri. Kekurangan dari multimedia yaitu :
      1. Design yang buruk akan menyebabkan kebingungan
      dan kebosanan atau pesan yang tidak tersampaikan
      dengan baik.
      2. Kendala bagi orang yang memiliki terbatas
      seperti cacat fisik.
      3. Tuntunan terhadap spesifikasi komputer yang
      memadai.

      Hapus
  3. hanya ingin menambahkan:
    Menurut Ensiclopedi of Educational Research dalam Teknologi Pembelajaran oleh Fatah Syukur (2005:127) nilai atau manfaat media pembelajaran yaitu :
    1. Meletakkan dasar-dasar yang kongkret untuk berfikir sehingga mengurangi verbalitas.
    2. Memperbesar perhatian siswa.
    3. Meletakkan dasar yang penting untuk perkembangan belajar oleh karena itu pelajaran lebih mantap.
    4. Memberikan pengalaman yang nyata.
    5. Menumbuhkan perilaku yang teratur dan kontinu.
    6. Membantu tumbuhnya pengertian dan dengan demikian membantu perkembangan bahasa.
    7. Memberikan pengalaman yang tidak diperoleh dengan cara lain.
    8. Memberikan konsep yang sebenarnya secara realita dan teliti.
    9. Membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam buku Hamalik (1994:15)juga dituliskan bahwa menurut Encyclopedei of Educational Research ada 7 manfaat media pembelajaran, salah satunya adalah meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.

      Hapus
  4. Menurut Townsend multimedia memliki beberapa keuntungan, yaitu:
    1. Multimedia masuk akal sehingga dapat meningkatkan pembelajaran.
    2. Multimedia meningkatkan ekpresi diri dengan membiarkan pelajar untuk memutuskan sendiri.
    3. Multimedia membuat pelajar menjadi "pemilik" sehingga mereka bisa men#iptakan apa yang hendak mereka pelajari.
    4. Multimedia men#iptakan suasana yang aktif, sehingga pelajar dapat terlibat langsung.
    5. Multimedia dapat menjembatani komunikasi pelajar dengan instruktur.
    6. Pemakaian multimedia sudah tidak asng lagi karena telah digunakan dalam kehidupan sehari"hari seperti video game dan televisi.

    BalasHapus